Cara Mulai Menulis Lagu dalam 5 Langkah Mudah

… bahkan ketika kita sedang tidak punya ide!

Mulai menulis sebuah lagu bisa menjadi kegiatan yang sulit. Banyak penulis lagu – baik yang hobi ataupun yang profesional – yang sering bingung harus memulai darimana. Ada yang memulai dari melodi sekedar digumam, ada juga yang mengambil gitar dan ngejreng-ngejreng, dan ada juga yang mulai dengan corat-coret lirik.

Penulis lagu profesional pun tidak kebal terhadap hilangnya ide atau inspirasi. Tapi untuk menjadi penulis lagu yang bagus dan membuat lagu-lagu yang semakin bagus membutuhkan latihan setiap hari, sama seperti menjadi ahli di bidang apapun lainnya. Nah, ketika kita sedang tidak punya ide untuk mulai menulis lagu, berikut ada 5 langkah mudah untuk jump start lagu-lagu kita:

Langkah 1: Memilih Judul

Keuntungan mulai menulis lagu dari judul adalah kita bisa membuat tema yang konsisten sepanjang lagu. Dari judul yang kita dapat, kita bisa menentukan apakah lagunya akan ceria atau sedih, kuat atau rapuh, kemudian menyusun melodi dan menggabungkan kord yang pas dengan tema lagu kita. Saya sendiri menemukan, memulai dari judul merupakan salah satu teknik tercepat untuk menulis lagu.

Berikut ada beberapa tips untuk mencari judul lagu:

  1. Tips memilih tema lagu yang original.
  2. Tips mencari judul lagu dari berita di koran.
  3. Tips memanfaatkan Facebook untuk sumber inspirasi lagu.

Langkah 2: Merangkai Lirik

Setelah judul dan sebelum masuk ke melodi, merangkai lirik merupakan langkah lanjutan yang masuk akal. Dari judul kita bisa mengembangkan alur cerita beserta karakter-karakter dalam lagu (kalau ada). Adanya karakter-karakter dalam cerita akan menghasilkan lirik yang kuat dan mudah mempenetrasi ingatan para pendengar.

Beberapa tips untuk mulai merangkai lirik:

  1. Contoh kasus brainstorming lirik lagu dengan teknik Mind Map.
  2. Pisahkan antara lirik yang visual dengan yang emosional. Gunakan lirik yang visual untuk membangun Verse, dan lirik yang emosional untuk membangun Chorus.
  3. Studi kasus penggunaan lirik “aku dan kamu” yang berlebihan porsinya.

Langkah 3: Menyusun Melodi

Keuntungan merangkai lirik sebelum menyusun melodi adalah kita bisa mengembangkan kejelasan alur cerita yang lebih kuat. Kita juga bebas dari berusaha menyamakan suku kata dalam lirik dengan suku kata melodi, sehingga lirik kita lebih manusiawi dan terhindar dari kata-kata yang tidak lazim digunakan dalam bahasa percakapan sehari-hari. Setelah kita mendapatkan lirik yang mendukung apa yang ingin kita katakan, menyusun melodi yang pas menjadi lebih mudah.

Berikut beberapa tips menyusun melodi lagu:

  1. Tips membuat intro lagu dengan melodi yang heboh.
  2. Apa itu teknik melisma dan bagaimana bisa digunakan untuk memperkuat melodi?
  3. Tips menambahkan harmoni vokal untuk memperindah melodi.
  4. Studi kasus melodi yang ampuh dari lagu “Firework” – Katy Perry.

 

Langkah 4: Menggabungkan Kord

Setelah lirik dikawinkan dengan melodi, selanjutnya kita menggabungkan kord untuk menjadi dasar harmoni lagu. kita bisa memulai dengan menggunakan 3 kord dasar wajib yang harus kita kuasai, lalu mengembangkannya menjadi lebih berwarna dengan subsitusi kord. Hal ini baik kita lakukan agar lagu kita terdengar berbeda dengan yang lain – karena pendengar suka dengan lagu yang terdengar ‘berbeda’ tetapi tetap familiar di telinga!

Untuk mencegah lagu kita terdengar seperti kebanyakan lagu-lagu lain, coba ikuti tips menggabungkan kord berikut:

  1. Tiga kord dasar wajib.
  2. Kord yang sering dipakai dalam musik pop.
  3. Tips menggunakan substitusi kord agar musik lebih kaya.
  4. Contoh perbedaan kord lagu Barat dengan lagu Indonesia.

 

Langkah 5: Membangun Struktur

Kenapa membangun struktur langkah terakhir, bukan pertama? Karena kita bisa membangun struktur yang pas dengan mengatur alur cerita berdasarkan lirik yang kita dapat, sekaligus mengatur pergerakan harmoni dengan momentum yang bagus sesuai dengan melodi yang sudah kita rangkai. Seperti bermain Lego, dengan menggunakan blok-blok yang sudah kita gabungkan sebelumnya kita bisa menyusun bangunan sesuai yang kita inginkan:

  1. Contoh kasus bedah struktur lagu “Party Rock” oleh LMFAO.
  2. Tips menggunakan Pre-Chorus.
  3. Tips menulis Chorus yang bagus.

 

5 langkah mulai menulis lagu diatas hanyalah salah satu teknik yang bisa kita gunakan. Kalau mau, kita juga bisa melakukan sebaliknya, mulai dari membangun struktur, memilih kord, melodi, dan terakhir menentukan judul berdasarkan lirik yang sudah kita tulis. Semua memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing – tapi inilah teknik yang saya temukan paling cepat dan paling konsisten untuk mulai menulis lagu!

Untuk mendapatkan tutorial gratis menulis lagu hits, silakan berlangganan ke program tutorial Mahir Menulis Lagu.

Bergabung Sekarang

Kembali ke blog.