10 Tutorial Cara Buat Lagu Terbaik Sepanjang 2012

Selamat tahun baru 2013!

Sebagai pribadi dengan jiwa yang melankolis, ada baiknya setiap pembuat lagu seperti Anda membuat catatan perjalanan karir musik selama satu tahun silam. Catatan ini berguna agar Anda bisa melihat sejauh apa perkembangan Anda dalam bidang menulis lagu.

Beberapa pertanyaan yang bisa Anda tanya kepada diri sendiri adalah:

  1. Berapa banyak lagu yang Anda mulai tulis tahun ini?
  2. Berapa banyak lagu yang Anda selesaikan tahun ini?
  3. Berapa banyak lagu itu yang Anda produksi (rekam, baik secara profesional atau rumahan)
  4. Berapa banyak lagu itu yang berhasil Anda jual?

Lembar partitur musikInilah proses runut cara buat lagu yang komersial (yang bisa dijual). Anda akan selalu mulai menulis banyak lagu, tetapi dari yang dimulai itu hanya sebagian yang selesai. Dari yang selesai itu, Anda hanya bisa merekam beberapa saja (karena keterbatasan waktu dan biaya).

Dan yang paling penting, dari yang Anda rekam, Anda hanya bisa menjual beberapa saja, karena butuh waktu untuk memasarkan lagu-lagu Anda.

Membuat sebuah catatan akhir tahun tentang karir musik Anda bisa memberikan informasi tentang apa yang perlu diperbaiki dan apa yang perlu dihilangkan. Mungkin Anda terlalu sering memulai lagu baru tapi jarang menyelesaikannya, atau terlalu sering sibuk merekam hingga lupa menulis lagu baru atau menjualnya.

Dari saya pribadi, inilah jawaban yang saya dapatkan dari catatan akhir tahun:

  1. Saya mulai menulis 15 lagu baru
  2. Dari 15 lagu tersebut, saya menyelesaikan 11 lagu
  3. Dari 11 yang diselesaikan, saya merekam hanya 6 lagu
  4. Dari 6 yang direkam, saya menjual 1 lagu

Satu lagu yang berhasil dijual ditulis bersama dengan rekan saya. Sebenarnya ada satu lagu lagi yang berhasil dijual juga, tapi yang membuatnya adalah rekan saya seorang diri.

Dari 15 lagu baru tersebut, 6 diantaranya berbahasa Indonesia dan 9 lagi berbahasa Inggris. Berarti lagu baru tersebut terdiri dari 60% bahasa Inggris dan 40% bahasa Indonesia.

Selain dari itu, tahun 2012 saya juga memproduksi dan merilis 1 album bersama Andre Ramadhan berjudul “Sebaik-Baik Wanita”. Saya juga tampil Live Performance di 6 acara yang berbeda.

Informasi ini bukan untuk menyombongkan diri, melainkan untuk memberi contoh catatan pribadi yang bisa Anda buat dengan lagu-lagu Anda juga. Seperti Anda lihat, berdasarkan informasi diatas, bagaimanakah Anda akan menyikapinya jika Anda menjadi saya?

Tentunya di tahun 2013 ini, Anda memiliki harapan dan tujuan yang lebih besar bagi karir musik Anda. Manfaat dari tahun baru bukanlah untuk larut dalam perayaan, melainkan sebagai kesempatan untuk membangun momentum yang mungkin terselip dari genggaman Anda selama 2012 silam.

Untuk membantu Anda meraih target karir musik Anda di tahun 2013, berikut saya membuat daftar singkat tentang 10 tutorial terbaik dan terpopuler selama 2012 menurut pilihan pembaca:

  1. 6 Tips Menulis Lirik Lagu Rap
  2. Cara Mulai Menulis Lagu Dalam 5 Langkah Mudah
  3. Tiga Chord Dasar Wajib Untuk Setiap Lagu
  4. Tanya Jawab: Bagaimana Contoh Aransemen Lagu yang Bagus?
  5. Tanya Jawab: Bagaimana Cara Membuat Melodi Jika Saya Tidak Punya Basic Ilmu Not Sama Sekali?
  6. 4 Chord Instan Agar Lagu Anda Terdengar Jazzy
  7. 5 Cara Mudah Membuka Lagu Anda Dengan Heboh
  8. Cara Membuat Jingle Iklan – 3 Bagian Penting Yang Harus Anda Ketahui
  9. Tips Memilih Kosakata Saat Membuat Lirik Lagu
  10. Tips Cepat: Pakai Form A-A-B-A untuk Membuat Chorus yang Simpel dan Mudah Diingat

Apa yang ingin Anda raih tahun 2013 ini? Silakan berbagi cita-cita Anda di bagian komentar.

Tetap Smart Hits!

Istilah mesin pencari:

  • membuat lagu
  • bagaimana cara membuat lagu
  • cara membuat lagu dengan mudah
  • Cara cara membuat lagu
  • Tips buat lagu
  • cara membikin lagu
  • cara menciptakan lagu dengan mudah
  • langkah menciptakan lagu
  • cara ciptakan lagu
  • cara membuat lagu bahasa inggris

Comments

  1. says

    Kadang saya merasa sudah terlalu udzur untuk memulai belajar sesuatu seperti belajar menulis atau mencipta lagu atau yang lainnya. Ya memang harus diakui secara jujur karena faktanya seperti itu. Dunia berputar maju bukan mundur Sunnatullahnya seperti itu .Hari ini tak akan pernah kembali lagi sampai kiamat datang. Tapi kehidupan sosial budaya bisa dibikin maju mundur tergantung skenario yang dibuat manusia itu sendiri. Maaf ini bukan galau! sekedar sharing aja!
    Rencana saya di tahun ini ga muluk-muluk sih ngukur kemampuan, sebagai newbe hanya ingin membuat sebuah lagu aja dulu tapi yang bisa diterima oleh pencinta pop musik negeri sendiri. Oleh karena itu saya ikutan belajar dari tutorialnya Bang Endy. Thanks ya bang..saya suka buanget membaca tutorial abang, kali aja saya bisa jadi penulis lagu yang bisa memberi pencerahan bagi setiap telinga penikmat musik ditanah air sendiri, syukur juga klo bisa nyampe Asean..he..he..he..mimpi kali ye? Thaks anyways

    • says

      Tidak ada kata terlambat untuk memulai Mas Tatang.

      Banyak pembuat lagu yang justru karirnya menanjak ketika umur sudah lebih dari “standar industri musik pop”. Dengan usia yang semakin dewasa, maka akan menghasilkan lagu yang lebih matang. Memang kombinasi paling jitu adalah pembuat lagu yang matang, tapi dengan vokalis yang masih muda dan segar.

      Makanya banyak artis-artis muda yang belum bisa apa-apa, tapi karena didukung produser matang mereka bisa naik daun karirnya. Semoga industri musik dalam negeri ke depannya lebih mengutamakan kualitas dibandingkan komersialitas.

      Salam,

Leave a Reply