Cara Membuat Chord Lagu

Kitab Jurus Sakti #3

Berikut ada pertanyaan dari member MML, Mas Affan Fals:

“Gimana cara mencari chord jika notasi sudah diketahui?

Misalnya lagu-lagu wajib biasanya cuma ada notasi terus cara mencari chordnya gimana?”

Pada Kitab Jurus yang pertama, saya menulis tentang bagaimana membuat lirik lagu. Setelah itu, pada Kitab Jurus yang kedua saya menulis tentang membuat melodi dari lirik lagu tersebut.

Sekarang saya akan membagi cara membuat chord lagu, supaya Anda punya rangkaian lengkap cara membuat lagu: mulai dari menulis lirik, membuat melodinya, dan menambahkan chordnya.

Sebelum saya menjelaskan cara membuat progresi chord, pertama-tama Anda perlu tahu cara membuat chord itu sendiri. Dengan memahami cara menyusun sebuah chord, Anda bisa membuat pengembangan sendiri supaya lagu Anda lebih berwarna, ekspresif, serta unik.

1. Cara membuat chord

1. Cara Membuat Kord dengan Memakai Interval Dalam Kord

2. Tanya Jawab: Bagaimana Cara Membuat Kord dan Apa Hubungannya dengan Skala?

Melodi adalah nada yang dinyanyikan, sedangkan harmoni adalah chord yang mengiringi melodi tersebut. Setiap nada melodi bisa memiliki berbagai macam chord pengiring – dengan catatan bahwa nada yang sama bila diiringi dengan chord yang berbeda akan menghasilkan emosi yang berbeda juga.

Kuncinya adalah memadukan nada dengan chord yang pas untuk menciptakan emosi yang Anda inginkan.

3. Cara Membuat Lagu Mulai Dari Kord Dulu

Kalau Anda belum bisa menentukan chord sendiri, jangan khawatir. Ada tiga chord dasar wajib yang bisa Anda jadikan sebagai jurus andalan ketika Anda bingung harus memainkan chord apa:

4. Tiga Chord Dasar Wajib untuk Setiap Lagu

Tapi tentunya kalau Anda terus menerus hanya menggunakan 3 chord, warna lagu Anda akan itu-itu saja. Supaya Anda punya contekan lebih banyak, berikut adalah daftar chord yang sering digunakan dalam lagu Pop:

5. Chord yang Sering Dipakai dalam Lagu Pop

2. Cara membuat lagu mulai dari chord dulu

Sekarang Anda sudah bisa membuat chord dan mulai membuat progresi chord Anda sendiri, walaupun masih terbatas. Ngomong-ngomong soal contekan, untuk lebih mengembangkan perbendaharaan chord Anda tidak ada salahnya Anda bersikap sebagai warga negara Indonesia yang baik dan … meniru orang lain!

Ya, meniru orang lain (dalam hal ini artis lain) adalah hal yang sangat baik dilakukan dalam bidang menulis lagu. Tentunya, yang Anda tiru disini bukanlah lirik atau melodi (karena kedua hal ini termasuk dalam hak cipta), melainkan yang Anda tiru adalah progresi chordnya.

Kenapa meniru progresi chord orang lain? Karena dia juga meniru orang lain!

Progresi chord adalah satu bagian dari musik yang tidak bisa dilindungi dengan hak cipta. Ada berapa banyak lagu yang Anda tahu yang progresi chordnya C – G – Am – F? Ratusan, lebih! Plus, para pendengar Anda tidak akan menyanyikan progresi chord yang Anda pilih bukan? Yang mereka nyanyikan adalah melodinya.

Berikut adalah tips untuk mencontek progresi chord lagu lain untuk memperluas wawasan chord Anda:

6. Tips Cepat: Cara Membuat Progresi Kord dengan “Mencontek” Lagu Lain

Bila Anda ingin melihat contoh kasus dimana saya menulis lagu dengan mencontek progresi kord dari lagu lain, saya menjelaskannya lebih lengkap di tutorial Cara Cepat Membuat Lagu dengan Sistem Mindmap 4 Kata

Selain mencontek lagu lain, Anda juga bisa membuat lagu mulai dari chord dengan menggunakan chord mayor dulu atau chord minor dulu. Biasanya, lagu yang punya dasar chord mayor cenderung terasa bahagia, sedangkan yang punya dasar chord minor cenderung terasa sedih (meskipun tidak selalu begini kasusnya). Intinya, Anda bisa menggunakan salah satu atau kombinasi keduanya untuk menciptakan ekspresi emosi yang luas dalam lagu Anda:

7. Tips Membuat Lagu Menggunakan Kord Mayor dan Minor

3. Menambahkan warna dalam lagu dengan chord-chord fungsional

Sebenarnya setiap chord memiliki fungsinya masing-masing. Salah satu fungsi chord adalah sebagai substitusi dan transisi.

Fungsi chord sebagai substitusi artinya chord yang satu bisa digantikan dengan chord yang lain. Hal ini Anda lakukan ketika Anda ingin mengubah “warna” dari lagu Anda sedikit saja.

Contohnya, untuk seorang pelukis, ada berapa jenis warna merah? Banyak, bukan? Ada merah gelap, merah marun, merah muda, merah metalik, merah darah, merah delima, merah susu sapi … Anda mengerti maksud saya.

Sama seperti itu, seorang penulis lagu juga memiliki beberapa jenis chord yang bisa disubstitusi, dengan catatan chord substitusinya memiliki fungsi yang sama dengan chord yang diganti (merahnya tetap merah, tapi seberapa merahnya itulah yang diganti).

Baca tutorial lebih lengkapnya:

8. Cara Menggunakan Substitusi Chord untuk Variasi Aransemen Dalam Lagu

Setelah substitusi, Anda juga perlu tahu tentang cara memilih chord penghubung dan transisi. Chord ini biasanya dipakai ketika Anda bertransisi dari satu bagian lagu ke bagian lagu yang lain, misalkan dari chorus ke verse. Berikut adalah tutorial video yang saya buat yang menjelaskan cara memilih chord-chord seperti ini:

9. Butuh Cara Gampang Pilih Chord Penghubung? Pakai Jurus “Matematika” Ini
10. Cara Membuat Kord Penghubung [VIDEO]
11. Cara Membuat Kord Transisi (Antar Kord) [VIDEO]

Untuk semakin memperkaya khasanah chord, Anda juga bisa menggunakan overtone (atau modulasi) untuk membuat variasi energi dalam lagu, atau menggunakan chord substitusi yang berwarna jazzy:

12. Menggunakan Overtone dalam Komposisi Lagu
13. 4 Chord Instan agar Lagu Anda Terdengar Jazzy

Ingat, Anda tidak harus menggunakan semua jurus ini!

Anda bisa membuat lagu dengan hanya menggunakan tiga chord dasar wajib yang sangat sederhana, atau Anda bisa menggunakan substitusi chord jazzy untuk membuat lagu yang lebih kaya warna. Teknik-teknik ini ada disini untuk Anda gunakan, tapi Anda sendirilah yang harus menentukan kapan memakainya, sesuai dengan emosi yang ingin Anda ciptakan dalam lagu Anda.

Tetap Smart Hits!