4 Cara Membuat Chorus Yang Enak Didengar

Ada pertanyaan dari pembaca, Mas Firdaus Jamil:

“Sekarang saya sudah bikin lagu pop, tapi sangat susah membuat reff yang enak di dengar. Saya nggak mau lagu saya lemah di reff, ada solusi kawan?”

Tentu ada solusi!

Untuk Anda yang sudah berlangganan membaca blog ini, Anda sudah paham membuat Chorus yang enak di dengar bukanlah pekerjaan termudah. Memang, ketika inspirasi tiba, Anda lancar sekali bisa membuat lagu yang indah – tapi ketika inspirasi kering apa yang Anda lakukan?

Anda harus mengandalkan skill Anda seorang diri, ya kan?

Saya juga sudah sering kali menyebut bahwa Chorus adalah bagian yang paling penting dalam lagu pop. Seperti yang bisa Anda dengar di lagu-lagu favorit Anda, bagian Chorus harus ‘nendang’ dan ‘catchy’ supaya lagu Anda disukai banyak orang.

Tapi bagaimana caranya? Berikut adalah intisari beberapa tips yang sudah saya tulis sebelumnya akan cara membuat Chorus untuk lagu Pop. Setiap poin dibawah masing-masing membahas dari segi lirik, melodi, chord, dan irama:

1. Buat lirik yang emosional di Chorus

Ini adalah satu jurus andalan yang hampir selalu saya pakai saat membuat Chorus. Jurus ini juga saya perhatikan sering dipakai oleh pembuat lagu hits, seperti Taylor Swift.

Inti dari jurus ini adalah Anda membuat lirik yang emosional saat tiba di bagian Chorus. Lirik emosi adalah lirik yang mengutamakan rasa dibanding cerita. Ketika Anda menulis untuk Chorus, cobalah gunakan kata-kata yang bersifat emosi untuk menyentuh perasaan pendengar Anda.

2. Buat alur melodi yang lebih tinggi di Chorus

Jurus yang ini pasti sudah sering Anda dengar di lagu-lagu Pop yang sedang hits saat ini. Ambil saja contoh lagu hits “Firework” oleh Katy Perry dan perhatikan bagaimana alur melodinya.

Kenapa alur melodi yang semakin tinggi di Chorus itu efektif? Karena kembali lagi ke poin pertama di atas, fungsi dari Chorus adalah menyampaikan emosi. Nada-nada yang tinggi punya energi yang lebih tinggi, sehingga mampu mengeluarkan emosi pendengar Anda lebih terasa.

3. Buat phrasing yang lebih padat di Chorus

Nah, kalau untuk jurus yang satu ini Anda bisa belajar dari Abang tercinta kita semua yaitu Bang Adam Levine. Contoh lagu yang menggunakan jurus ini adalah “Must Get Out” karya Maroon 5, band yang menciptakan salah satu hits global terbesar tahun 2012.

Cara Anda membuat phrasing yang lebih padat adalah dengan membuat suku kata yang lebih rapat di Chorus. Ditinjau dari segi melodi, hal ini berarti Anda bisa membuat durasi not yang lebih panjang di bagian Verse, lalu merubahnya menjadi not berdurasi singkat di Chorus.

4. Ubah chord minor di Verse menjadi chord mayor di Chorus

Ini adalah salah satu jurus andalan saya lainnya, yang juga saya ambil dari lagu-lagu hits dunia. Cara Anda memakai jurus ini sangat mudah – Anda cukup membuat progresi chord yang minor di Verse, lalu membuat progresi chord mayor di Chorus.

Jurus ini berhubungan dengan jurus poin pertama di atas. Ketika Anda menggabungkan lirik naratif dengan chord minor di Verse, Anda menciptakan suasana “perkenalan” ke pendengar Anda. Saat di Chorus dan Anda menggabungkan lirik yang emosional dengan chord mayor di Chorus, suasana itu Anda rubah menjadi “ini lho maksud saya”.

Intinya adalah kontras!

Keempat jurus yang saya tulis diatas hanyalah sebagian dari teknik-teknik yang bisa Anda lakukan untuk membuat Chorus yang enak didengar. Yang perlu Anda perhatikan adalah, Anda bisa memakai teknik-teknik diatas secara terbalik – dan hasilnya akan enak didengar juga.

Hal ini karena yang terpenting dalam membedakan Verse dan Chorus adalah Anda harus membuat kontras. Kontras sangat penting dalam lagu, karena kontras inilah yang menjadi story teller dan menggaet perhatian pendengar Anda.

Itulah empat jurus untuk membuat Chorus lagu Pop yang ngehits. Sekarang PR untuk Anda adalah memakai jurus ini dalam lagu Anda sendiri, dan dengarkan perbedaannya!

Tetap Smart Hits!

Istilah mesin pencari:

  • chord lagu enak
  • cara menciptakan lagu yang enak didengar
  • cara membuat lagu yang enak
  • cara membuat lagu yang enak didengar
  • Chord lagu yang enak
  • tips membuat nada lagu
  • cara menciptakan nada
  • Cara menciptakan lagu yang indah
  • Chord yang enak
  • Chord enak

Comments

  1. raviq says

    beberap tips di atas udah saya terapkan ke dalam lagu saya… tinggal nambahin bagian yang baru kebaca di situs ini ,,,, thanks bro atas infonya….. !!

Leave a Reply