Enam Komposer Musik Klasik Pilihan Addie MS untuk Belajar Aransemen Orkestra

Aransemen orkestra atau orkestrasi bisa memperkaya lagu ciptaan. Terlebih lagi dengan adanya teknologi instrumen software sehingga kita bisa aransemen orkestra dengan mudah dan hemat biaya.

Tetapi kesulitan utama yang dihadapi aranser pemula bukanlah pada teknologi, melainkan pada skill: bagaimana caranya aransemen orkestra?

Setiap kali Anda melakukan sesuatu yang baru, resepnya adalah belajar kepada yang sudah berhasil. Siapakah komposer klasik yang patut menjadi sumber belajar Anda?

Dari diskusi musik klasik di dunia modern yang diadakan di Atamerica, Mas Addie MS – konduktor dari Twilite Orchestra –  berbagi tentang enam komposer musik klasik yang menjadi inspirasinya:

Gustavo Dudamel

Gustavo Dudamel dari Venezuela adalah musisi lulusan El Sistema. El Sistema adalah program pendidikan musik klasik untuk anak-anak dari daerah ekonomi rendah. Seringkali daerah-daerah ini rawan kejahatan bersenjata, sehingga anak-anak itu sulit mendapatkan akses pendidikan.

Meski begitu, Dudamel kemudian menjadi Music Director untuk Los Angeles Philharmonic Orchestra. Simak video berikut dimana Gustavo Dudamel memimpin Venezuela Youth Orchestra:

Hikmah yang bisa Anda pelajari adalah: apapun keterbatasan yang kita hadapi, selalu ada jalan untuk meraih impian kita dan menjadi yang terbaik!

*Apakah hambatan yang Anda alami ketika berusaha menambahkan aransemen orkestra dalam lagu Anda?

Antonin Dvorak

Mas Addie MS menyarankan agar memiliki gaya sendiri jika ingin membuat komposisi musik klasik yang orisinil.

Contohnya seperti Antonin Dvorak dengan karyanya “New World Symphony” yang terpengaruh oleh kunjungannya ke Amerika:

Hikmah untuk Anda pelajari: ambil inspirasi dari mana saja. Dvorak menulis karya ini pada tahun 1893 saat ia tinggal di Amerika dari tahun 1892-1895.

*Sumber inspirasi apa yang Anda miliki, tanpa harus mengeluarkan tenaga dan biaya ekstra? Manfaatkan itu!

George Gershwin

Atau seperti “Rhapsody in Blue” karya George Gershwin. Karya ini disebut symphonic jazz karena menggabungkan musik klasik dengan musik jazz yang waktu itu populer:

Ceritanya, teman Gershwin menantangnya untuk membuat karya musik klasik. Namun, Gershwin sibuk membuat lagu-lagu pop yang menjual. Temannya itu kemudian memasang pengumuman di koran bahwa Gershwin akan segera mementaskan karyanya. Akhirnya Gershwin tidak punya pilihan lain selain menyelesaikan karyanya!

Hikmah untuk Anda pelajari: gabungkan antara musik-musik yang kita suka (dan juga pasang deadline).

*Kira-kira seperti apa ya kalau Orkes Palapa ditantang untuk membuat karya musik klasik?

John Williams

Selain menghasilkan komposisi musik klasik yang biasa, film scoring kini juga termasuk musik klasik yang banyak menang penghargaan.

Awalnya, film scoring dianggap musik populer dan tidak bisa dinilai sebagai musik klasik yang seni. Namun, dengan adanya scoring film “Star Wars” oleh John Williams, pendapat itu berubah:

Hikmah untuk Anda pelajari: berikan yang terbaik dalam lagu Anda. Meski scoring untuk film sains fiksi, John Williams tetap memperlakukan karyanya seperti komposisi musik klasik yang tradisional.

*Apakah Anda sudah memberikan yang terbaik bagi lagu Anda, dari segi menambahkan aransemen orkestra?

Elmer Bernstein

Mas Addie MS juga menekankan pentingnya komposer modern untuk memasukkan unsur budaya aslinya sendiri.

Karya “Magnificent Seven” oleh Elmer Bernstein adalah contoh karya musik klasik yang sangat tenar – musik ini pasti pernah Anda dengar kalau Anda pernah menonton iklan Marlboro. Mas Addie MS menyebut karya ini sebagai “Amerika banget!”:

Hikmah untuk Anda pelajari: bangga atas budaya sendiri. Ikut-ikutan di awal tidak apa-apa ketika Anda baru mencoba dan belajar, tetapi segera miliki identitas sendiri. Sesuai budaya asli.

*Apakah unsur budaya asli Anda yang bisa Anda masukkan ke dalam aransemen Anda?

Colin McPhee

Nah, untuk sebuah karya yang “Indonesia banget!” justru Mas Addie MS belajar kepada Colin McPhee yang – meskipun namanya adalah orang bule – tapi ia membuat komposisi berjudul “Tabuh-Tabuhan”:

Hikmah untuk Anda pelajari: kenapa ya orang bule itu kesengsem banget sama gamelan? Apa karena buat dia gamelan itu eksotis? Sedangkan buat musisi Indonesia gamelan biasa-biasa saja?

Berarti: masukkan unsur sesuatu yang menurut Anda eksotis – boleh dari dalam negeri ataupun luar negeri.

*Selain ke-6 komposer pilihan Mas Addie MS di atas, siapakah komposer musik klasik yang menjadi inspirasi Anda? Mari kita bahas di bagian komentar.


*Tolong share tutorial aransemen orkestra ini ke teman-teman Anda melalui Facebook, Twitter, atau email. Dukungan Anda sangat membantu saya menghasilkan tutorial yang lebih bagus!
*Klik disini untuk berlangganan tutorial gratis menulis lagu dan dapatkan tips aransemen orkestra lainnya.

Istilah mesin pencari:

  • musik klasik untuk belajar
  • belajar menjadi komposer
  • lagu klasik untuk belajar
  • belajar jadi komposer
  • yhs-fullyhosted_003
  • orkes palapa klasik
  • karya arangsemen adhi ms
  • contoh komposer lagu
  • lagu klasik orkestra
  • Cara membuat musik orchestra

Trackbacks

Leave a Reply