6 Tips Menulis Lirik Lagu Rap

Cara menulis lirik lagu rap untuk rapper di atas panggung

Ada pertanyaan dari pembaca, Mas Aggi Dilimanto:

Ada tutorial gimana nulis lagu slow rap yang bagus gimana?

Melihat perkembangan musik Pop masa kini, memang banyak lagu Pop yang ada bagian rap di dalam lagunya. Contohnya, lagu hits #1 Billboard “Payphone” oleh Maroon 5 memiliki bagian rap yang diucap oleh Wiz Khalifa.

Membuat lagu yang ada bagian rapnya adalah langkah yang baik agar lagu-lagu Anda tidak membosankan. Kalau Anda sudah membuat serangkaian lagu yang nuansanya mirip-mirip, membuat satu lagu yang ada rapnya akan menjadi suatu keunikan tersendiri.

Namun, bila Anda jarang membuat lagu rap maka muncul kendala:

Bagaimana saya bisa menulis lirik lagu rap yang bagus?”

Sejujurnya, saya sendiri baru satu kali pernah menulis lirik lagu rap. Itupun gaya rap yang saya pilih sangat bernuansa tahun 90-an ala Boyz II Men dan kawan-kawan. Sedangkan dalam musik rap ada banyak gaya, dari yang seperti Eminem, 50 Cent, Snoop Dogg, Flo Rida, dan banyak lainnya.

Jadi, untuk menjawab pertanyaan ini saya mengambil referensi dari artikel “How to Write Great Rap Lyrics” oleh Silk Nixin. Artikel ini ditulis oleh seorang rapper, sehingga ilmunya lebih luas.

Ada 6 tips untuk menulis lirik lagu rap yang disarankan oleh Silk Nixin. Berikut adalah ke-6 tips tersebut.

1. Gunakan wordplay atau permainan kata

Wordplay adalah salah satu teknik menulis lirik lagu yang canggih. Yang dimaksud dengan wordplay adalah permainan kata. Permainan kata ini bisa berarti kata yang Anda tulis sebagai lirik memiliki makna ganda atau lafal kata tersebut punya iramanya sendiri.

Hanya sedikit penulis lagu yang bisa menggunakan wordplay dan menghasilkan lagu yang menarik. Dalam dunia musik Pop, artis yang sering menggunakan wordplay dalam lagunya adalah Jason Mraz. Coba Anda dengar lagu-lagu oleh artis ini, dan Anda akan mendengar lirik-lirik yang tidak lazim tetapi sangat kreatif.

Begitu halnya dengan lirik lagu rap. Karena lirik lagu rap biasanya sangat padat (bahkan untuk yang slow rap sekalipun), Anda harus benar-benar kreatif dengan permainan kata Anda. Anda harus mengisi ruang yang ada dengan lirik yang padat, tetapi lirik-lirik itu tidak boleh “kosong” maknanya.

Caranya agar Anda menguasai wordplay ini adalah dengan sering-sering melatihnya dan mendengar lagu rap lain. Seperti Eminem dalam awal karirnya, dia sering membawa buku tulis saat menaiki bis supaya bisa latihan menulis lirik sambil bepergian dalam bis kota.

2. Buatlah lirik-lirik yang visual

Tutorial-tutorial sebelumnya sudah membahas cara menulis lirik lagu yang visual. Lirik yang visual membantu agar imajinasi pendengar Anda terbawa suasana. Dalam lagu rap, lirik yang visual penting agar lirik Anda tidak cepat membosankan.

Karena sifat lirik lagu rap yang padat dan cepat, lirik yang visual bisa menjadi break atau pemutus lirik-lirik yang emosional. Anda bisa juga menggunakan lirik visual untuk bagian rap, lalu menggunakan lirik emosional pada bagian Hook.

3. Masukkan majas metafora dalam lirik Anda

Apakah Anda masih ingat dengan pelajaran Bahasa Indonesia? Menurut Wikipedia, majas metafora adalah “majas yang mengungkapkan ungkapan secara langsung berupa perbandingan analogis.”

Anda bisa menggunakan analogi suatu hal dengan hal lainnya untuk membuat lirik rap Anda lebih berwarna. Biasanya, kalimat yang mengandung majas metafora adalah kalimat yang memiliki kata sambung “seperti”.

Contohnya:

It’s so insane, ’cause when it’s going good, it’s going great
I’m Superman with the wind at his back

“Love the Way You Lie”
© A. Grant, H. Hafferman, Marshall Mathers

Dalam contoh di atas, sang rapper mengibaratkan dirinya adalah Superman yang melesat di antara angin kencang. Anda juga bisa menggunakan analogi dalam bentuk majas metafora agar lirik lagu rap Anda lebih kena ke orang-orang.

4. Gunakan teknik rima yang silih berganti

Ada beberapa cara rima yang bisa Anda pakai dalam lagu Anda:

  1. Lirik dengan rima yang sama. Rima yang sama adalah yang berima a-a, seperti kucing dan runcing; perawat dan pesawat; dan sebagainya.

  2. Lirik dengan rima yang mirip. Rima yang mirip adalah yang berima tidak persis sama, seperti perahu dan lugu; pelari dan matahari; dan sebagainya.

Ada seorang kawan saya yang hobi membuat puisi. Cara dia menulis puisinya adalah dia selalu mencari rima yang sama. Akhirnya puisi yang ditulisnya terkesan kaku, memaksa, dan kekanak-kanakan (walau puisinya mengandung makna yang bagus).

Seperti puisi, sebuah lagu rap yang bagus menggunakan kedua tipe rima di atas. Namun, yang harus Anda perhatikan adalah seberapa sering Anda menggunakan rima yang sama dan rima yang mirip.

Kira-kira, sebaiknya Anda menggunakan campuran antara keduanya – jangan terlalu sering menggunakan rima yang sama, sesekali gunakanlah rima yang mirip.

5. Buat punch line yang memukau

Sebuah punch line adalah bagian lirik yang paling diingat para pendengar. Anda juga pasti punya lirik favorit dari sebuah lagu. Nah, lirik favorit inilah yang dalam lagu rap disebut punch line.

Sama seperti film yang bagus memilki adegan klimaksnya, Anda bisa mengibaratkan punch line sebagai klimaks dari lagu Anda. Di punch line ini, Anda bisa memasukkan pesan lagu Anda dengan cara yang seunik dan sekeren mungkin. Semakin unik dan keren cara Anda menyampaikannya, semakin lirik itu akan diingat oleh para pendengar Anda.

Agar Anda bisa menulis punch line yang keren, sering-seringlah mendengar lagu lain dan cari lirik-lirik favorit Anda dari lagu itu. Tanyakan kenapa Anda suka lirik itu, dan apa maknanya bagi Anda?

6. Pastikan konten lirik Anda pas dengan musiknya

Nah, ini juga salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan pencipta lagu, yaitu membuat lirik lagu yang ngga nyambung sama musiknya!

Anda juga pasti pernah dengar lagu yang, “Ini musiknya upbeat tapi kok liriknya mellow?”.

Sebenarnya tidak salah juga, tapi biasanya pendengar Anda akan berharap mendengar lirik yang asyik kalau musiknya terdengar upbeat. Dalam lagu rap, hal ini juga penting agar konten lirik Anda sesuai dengan nuansa yang dimainkan musiknya.

Misalkan Anda mendapat musik yang bernada minor dengan instrumen elektronik yang berat, berarti Anda bisa membuat lirik yang dalam dan murung. Sebaliknya, bila musiknya ringan dan seksi, Anda juga bisa membuat lirik yang menyampaikan emosi yang sama.

Yang paling penting adalah: pastikan lirik lagu rap Anda sesuai dengan identitasnya!

Dengan menggunakan ke-6 tips di atas, Anda bisa membuat lirik lagu rap agar lagu Anda lebih unik. Sekarang, tantangannya adalah menemukan seorang rapper yang bagus ngerapnya!

Apa lagi yang ingin Anda tanya tentang cara menulis lirik lagu rap? Apakah Anda pernah membuat lirik lagu rap? Tinggalkan pertanyaan Anda di bagian komentar di bawah.

Tetap Smart Hits!

*Foto oleh Mark Hoekstra

Istilah mesin pencari:

  • cara membuat lirik lagu
  • cara membuat nada lagu
  • cara menulis lirik lagu
  • cara membuat lirik lagu yang bagus
  • lirik lagu rap
  • lirik rap
  • cara membuat lagu rap
  • cara membuat lirik lagu sendiri
  • cara membuat lirik lagu rap
  • langkah-langkah membuat lagu

Comments

  1. Fahmi Mathers says

    Saya bisa Rap, saya sering menyanyikan lagu2 eminem, tetapi saya kurang hafal dengan liriknya..

    sampai sekarang saya masih sulit untuk membuat liric terutama menentukan NADANYA..
    bagai mana cra menentukan nadanya.. ap dengan membuat liric dulu ..?

  2. samuel satrio says

    maaf sebelumnya. . saya masih bingung sama “permainan kata” nya. . bisa diberi contohnya. .

  3. zoelfiekar says

    maksud dari worldplay tuh gmana mas ??

    • says

      Wordplay itu biasanya gampang dilakukan kalau Musiknya juga bagus.. Mksudnya jadi encer buat ngucapin semuanya. misal:

      “Biarkanlah cinta itu datang seiring dengan waktu
      detik, menit, jam, hari, bulan, tahun, abad..
      Ketika ia datang sambutlah dengan dirimu apa adanya
      Karena cinta tidak pernah menilai sesuatu dari wujudnya
      Tapi ia menilai dari pengorbanan yang telah ditempuh
      Untuk membuat segalanya ada..”

      Semua kata-kata diatas diucapkan dalam berbagai Intonasi sesuai dgn alunan musik. Mulai dari temponya sampai Keindahannya. Kalo kita denger biasanya lagu yang Enjoy ngucapinnya tanpa jeda yang banyak. Bandingin Lagu ‘Jason Mraz – I’m Yours’ sama ‘Thousand years’ beda jauh. Basicnya wordplay itu Musik dgn -mengucap lirik- yang mengalir dan santai.

  4. oky says

    permisi gan, saya masih dikit bingung sama permainan majas metafora noh, ada exam yg indon gk ?

    • says

      Menurut gw majas yag dimaksud itu hampir mirip seperti Perumpamaan.
      Misal :

      Kata-kata dibuang, Kaga pernah ditabung
      bikin lirik melambung, “KAYA AYAM DISABUNG”

      Lo emang orang kaya, Lo boleh banyak gaya
      “TAPI JANGAN KAYA DPR, SUSAH DIPERCAYA”

      jadi yang gw tau kalo kta jg lagi battle menggunakan teknik ini yaitu menyambungkan suatu kejadian dengan kejadian lain yang lebih memalukan. Lo bakal buat musuh terpingkal-pingkal.. . belajar dulu buat perumpamaan.

  5. MUHAMMAD RIZAL says

    insyallah bermanfaat tips dari kk untuk kita semua pecinta lagu rap (y)

  6. says

    Permisi..,
    Saya suka nge rap..,
    Saya suka nyanyi’in lagu2 nya Eminem..,
    Nnah, masalahnya, saya merasa ga enak kalau saya bikin liriknya pakai bahasa Indonesia..,
    Saya lebih ke bahasa Inggris..,
    Is that OK..,??

    • says

      Denger aja lagu saykoji.. Rapper yang lain tinggalin dulu
      Lagu Djakarta, Tahukah kau, Dsb.. jangan cuma lagu yang Onlen onlen doang.. . hehe
      Cintailah bangsa ini :)

  7. lauren says

    permisi, bro
    software untuk membuat musik rap apa??
    masalahnya saya gak bisa main kan alat musik, jdi agak rumit untuk mncari irama nya
    sementara saya sangat pengen buat musik” rap

    • says

      Untuk perihal software tidak dibahas di situs ini.

      Software bisa dipelajari di situs: artsonica.com

  8. big gizz says

    permisi…
    saya bisa ngerap lagu org lain dengan elok..
    tetapi saya agak rumit untuk membikin lagu rap saya sendiri.. gimana ya haru saya lakuin..

Trackbacks

Leave a Reply