5 Langkah Membuat Chorus Lagu

Kitab Jurus Sakti #4

Salah satu pertanyaan yang sering saya dapatkan dari member Mahir Menulis Lagu adalah tentang bagaimana cara menulis Chorus atau Reff yang enak didengar. Contohnya, seperti yang ditanya Mas Firdaus Jamil:

“Sekarang saya sudah bikin lagu pop, tapi sangat susah membuat chorus yang enak di dengar. Saya nggak mau lagu saya lemah di chorus, ada solusi kawan?”

Sebetulnya, supaya sesuatu itu enak didengar, baik lirik, melodi, harmoni dan strukturnya harus bagus. Tidak mungkin sesuatu itu enak didengar apabila hanya memenuhi salah satu dari ke-4 kriteria tersebut.

Yang saya maksud dengan struktur adalah cara Anda menyusun bagian-bagian lagu seperti Verse, Pre-Chorus, Chorus dan Bridge. Tergantung posisinya di lagu Anda, masing-masing bagian lagu ini punya sifat “bawaan” yang sebaiknya Anda penuhi bila ingin lagu Anda enak didengar.

Berhubung di Kitab Jurus Sakti #1 saya sudah menjelaskan cara menulis lirik, kemudian Kitab #2 membahas cara merangkai melodi, dan selanjutnya Kitab #3 tentang cara membuat harmoni, maka di Kitab #4 dan terakhir ini Anda akan belajar cara membuat struktur lagu yang enak didengar.

1. Formula dasar supaya lagu enak didengar

Sebelum masuk ke bahasan yang lebih detail, ada satu formula dasar yang harus Anda ketahui. Formula ini menjelaskan tentang alur energi dalam lagu, dan sudah terbukti berhasil di ribuan lagu hits yang merajai tangga lagu. Anda bisa menggunakannya juga untuk membuat lagu hits.

Baca tutorial lengkapnya: Satu Formula Jitu yang Bisa Anda Tiru Untuk Membuat Lagu Hits

Bila Anda perhatikan formula alur energi tersebut, ada satu benang merah yang bisa Anda simpulkan: yang harus hadir dalam lagu hits adalah kontras antara bagian.

Kontras ini sangat penting, karena merupakan landasan dari semua jenis seni. Mulai dari musik, film, fotografi dan bentuk seni lainnya, prinsip kontras adalah hal yang membuat suatu karya seni enak didengar, dipandang dan dirasakan.

Baca tutorial lengkapnya: 3 Teknik Kontras Agar Lagu Anda Terdengar Fresh

2. “Mencontek” struktur dari lagu yang sudah hits

Setelah Anda punya gambaran tentang bagaimana alur energi lagu hits, sekarang coba Anda dengar lagu-lagu hits yang Anda sukai. Setiap genre atau aliran lagu punya variasi formulanya sendiri dan disini saya memperlihatkan contoh kasus lagu hits dalam genre mainstream Pop.

Baca tutorial lebih lengkapnya:

1. Cara Memilih Genre Lagu yang Pas agar Laku di Pasaran
2. 3 Unsur yang Harus Didengarkan ketika Menulis untuk Suatu Genre
3. 3 Trik Membuat Lagu Genre K-Pop Girlband: Studi Kasus “Ma Boy” – SISTAR19
4. 3 Jurus Menulis Lagu untuk Genre Boyband: One Direction – “What Makes You Beautiful”

3. Teknik membuat Chorus Anda sendiri

Anda sudah memahami prinsip dasarnya, dan Anda juga sudah mendengarkan beberapa contohnya. Sekarang Anda mulai menerapkan formula ini untuk membuat Chorus Anda sendiri.

Pada intinya, fungsi sebuah Chorus adalah menyimpulkan cerita Anda. Makanya saya selalu terus menerus dan berulang-ulang menekankan betapa pentingnya Anda punya cerita dalam lagu Anda.

Kalau tidak ada cerita, Chorus Anda beresiko terdengar membosankan. Dengan kata lain, Chorus Anda tidak akan terdengar seperti Chorus!

Baca tutorial lengkapnya:

1. 4 Cara Membuat Chorus Yang Enak Didengar
2. Tips Menulis Chorus Dahsyat agar Lagu Pop Anda Komersial

Kalau Anda masih bingung juga, berikut adalah tips cepat untuk membuat Chorus menggunakan form yang mudah sekali:

Tips Cepat: Pakai Form A-A-B-A untuk Membuat Chorus yang Simpel dan Mudah Diingat

Jika Anda mencari step-by-step cara membuat Chorus, silakan kunjungi halaman: Cara Membuat Lagu Dengan Sistem Mindmap 4 Kata.

4. Membuat Chorus yang modern

Sepanjang sejarah lagu Pop, prinsip dasar cara membuat Chorus masih sama dari tahun ke tahun. Yang berbeda adalah gayanya, atau dengan kata lain Anda bisa membuat Chorus yang terdengar modern.

Chorus yang modern akan membuat lagu Anda lebih masuk dengan selera masa kini, terutama dengan selera anak-anak muda (yang merupakan konsumen musik terbesar). Sebelumnya, saya sudah menulis contoh dari luar negeri, berikutnya Anda bisa melihat contoh dari dalam negeri tentang Chorus yang efektif:

1. Cara Membuat Lagu Pop yang Trendy dengan 3 Langkah Ini
2. 4 Tips Membuat Lagu Pop Durasi 3.30 Menit seperti Yovie and Nuno

5. Menambahkan bagian Bridge

Jika Anda memahami fungsi Chorus, secara otomatis Anda bisa membuat Verse atau Pre-Chorus yang enak didengar. Dengan kata lain, karena Anda tahu tujuannya ke mana (ke Chorus), Anda bisa membuat jalan menuju Chorus yang enak didengar (Verse atau Pre-Chorus).

Mungkin satu bagian yang sering membingungkan buat penulis lagu adalah bagian Bridge. Bridge berfungsi sebagai penambah kontras – bahkan Bridge sering disebut bagian lagu yang paling kontras atau berbeda dengan bagian lagu lainnya.

Tidak semua lagu harus ada Bridgenya, tapi kalau Anda merasa lagu Anda membutuhkan bagian Bridge, berikut adalah tutorial singkat tentang cara membuatnya:

Tanya Jawab: “Apa Perbedaan Chorus dan Bridge?”

Jika Anda memadu apa yang sudah Anda pelajari tentang cara menulis lirik, lalu lirik itu dikawinkan dengan melodi yang pas, dibumbui dengan harmoni yang pas juga, kemudian disusun sesuai dengan prinsip kontras yang dijelaskan dalam Kitab #4 ini, maka Anda punya semua yang Anda butuhkan untuk membuat lagu yang hits!

Tetap Smart Hits!