3 Trik Membuat Lagu Genre K-Pop Girlband: Studi Kasus “Ma Boy” – SISTAR19

Di forum komposisi MusikTek ada yang bertanya:

Mas, saya mau nanya untuk pembuatan lagu format girl band apa sih yang dibutuhkan?

Ceritanya minggu kemarin ada yang minta dibuatkan lagu girl band, dan saya pun bilang belum pernah buat. Makanya saya nanya; mungkin ada pencerahan sedikit. Thanks.

Kebetulan saya juga mendapat permintaan yang sama! Jadi mari kita membahasnya.

Sebagai penulis lagu kita tidak bisa menghindari demam K-Pop yang melanda musik Indonesia. Sehingga bila ada pihak dari produser yang memesan sebuah lagu K-Pop girlband, kita juga harus bisa memenuhi permintaannya.

Namun apa yang membuat suatu lagu itu terdengar seperti lagu girlband?

Berikut kita akan mengambil studi kasus sebuah lagu oleh SISTAR19 berjudul “Ma Boy”. Lagu ini sudah mendapat 12 juta lebih views di YouTube:

Mekanis dan manis.

OK, kita akan melihat elemennya satu per satu:

Girlband Groove

Dari lagu “Ma Boy” ini, hal pertama yang sangat menarik bagi saya adalah pemilihan sound untuk iramanya.

Drum machine dan sampling digunakan secara dominan disini. Memang, K-Pop mengambil musik R&B dan Dance/Electropop sebagai influens utamanya, sehingga penggunaan instrumen sintetik untuk iramanya menjadi satu ciri khas dari genre ini.

Anda bisa mulai menulis lagu K-Pop girlband dengan membuat irama dari drum machine. Contoh irama yang banyak dipakai (yang berasal dari musik Dance) adalah pola four on the floor:

Kick – Kick/Snare – Kick – Kick/Snare

Dari pola dasar itu, Anda bisa mengembangkan lebih lanjut untuk membuat pola yang lebih bervariasi. Kenapa? Karena pola dasar four on the floor sangat lurus dan agak hambar kalau tidak ditambah dengan fill dan elemen ritmis lainnya yang lebih bergerak.

Lagu “Ma Boy” diatas menggunakan instrumen perkusi (conga) sebagai elemen ritmis ini. Lebih pintar lagi, aransernya memilih irama dengan sound yang sangat kasar, kotor, dan mekanis sehingga sangat kontras dengan elemen instrumen lain yang minimalis dan manis.

Kepiawaian Kord

Saya tidak tahu mengapa, tapi sudah sejak lama saya perhatikan musik-musik Pop Asia Timur seperti J-Pop dan kini K-Pop senang menggunakan kord-kord yang jazzy.

Contoh “Ma Boy” di atas, komposernya menggunakan progresi kord seluler dasar:

IVMaj7 – iii7 – vi7 – v7

Maksud ‘seluler dasar’ adalah lagu ini terdiri dari satu progresi kord ini yang diulang-ulang dengan melodi yang berbeda-beda diatasnya, untuk setiap bagian lagu yang berbeda.

Jadi, melodi vokal Verse dan Chorus berbeda tapi diatas satu kord progresi yang sama.

Manis.

Anda juga bisa menambahkan rasa manis K-Pop girlband dengan menggunakan kord-kord yang jazzy.

*Baca tutorial: cara membuat kord terdengar jazzy secara instan.

Variasi Vokal

Selain vokal utama, bagian rap juga sering muncul di lagu K-Pop girlband.

Biasanya salah satu anggota akan bertugas sebagai rapper. Lagu “Ma Boy” di atas memiliki bagian rap di Verse 2, yang dibawakan oleh vokalis kedua, Bora (sedangkan vokalis pertama, Hyorin menyanyikan melodi biasa di Verse 1).

Anda juga bisa menambahkan variasi vokal dengan memasukkan bagian rap.

Jadi, dengan memadukan irama berdasarkan sound yang mekanis, kord-kord yang terdengar jazzy, dan bagian rap di Verse 2 atau Bridge, Anda sudah mendekati ciri-ciri khas genre K-Pop girlband.

Untuk melodi, saya sarankan Anda menciptakan melodi orisinal.

Kenapa? Karena banyak girlband dalam negeri yang muncul dengan lagu yang sangat mirip dengan artis K-Pop. Sehingga banyak fans asli artis K-Pop yang mencemooh girlband dalam negeri.

Pilihan melodi Indonesia berbeda dengan pilihan melodi Korea Selatan.

Anda juga bisa menggunakan lirik-lirik yang sesuai dengan segmentasi pasar pendengar K-Pop, dengan kosakata yang sesuai budaya nusantara.

Karena K-Pop sendiri sejarahnya merupakan penggabungan antara musik tradisional Korea dengan musik gospel dari peradaban Barat. Jadi kita di dalam negeri pun harus memadukan musik tradisional Indonesia dengan ramuan K-Pop yang mekanis dan manis.

Mungkin dengan ramuan ini akan muncul Indo-Pop.

Tetap Ngehits!

*Tolong share tutorial cara membuat lagu genre K-Pop girlband ini ke teman-teman Anda melalui Facebook, Twitter, atau email. Dukungan Anda sangat membantu saya menghasilkan tutorial yang lebih bagus!
*Klik disini untuk berlangganan tutorial gratis menulis lagu dan dapatkan tips lainnya tentang menulis lagu sesuai genre.
*Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan tentang genre K-Pop girlband di bagian komentar dibawah.

Istilah mesin pencari:

  • vokal ritmis
  • lagu yang cocok untuk perkusi
  • instrumen ritmis
  • Irama musik asia timur
  • pengertian vokal ritmis
  • Cara membuat lagu untuk GirlBand
  • Irama musik asia timur adalah
  • ritmis
  • pengertian ritmis
  • arti vokal ritmis

Leave a Reply