Tips Memilih Kosakata Saat Membuat Lirik Lagu

Ada pertanyaan dari pembaca, Mas Alam Constantine:

“Saya ingin bertanya untuk semua yang ada di grup ini.

Tolong dibantu ya, saya suka kesulitan untuk membuat lirik lagu, terutama untuk memilih kosakatanya. Jadi cara membuat lirik dengan kata dan memberikan kosakata yang indah seperti apa?

Agar pendengar pun merasa enak mendengar lagu yang dibuat. Dan contoh kata dan kosakata yang bagus itu seperti apa?”

Kesulitan membuat lirik lagu adalah kesulitan yang sering dialami pembuat lagu. Baik pembuat lagu pemula maupun yang profesional selalu berhadapan dengan kendala ini, setiap kali mulai membuat lagu baru.

Salah satu problema spesifik yang dihadapi adalah memilih kata-kata atau kosakata yang tepat.

Kosakata Anda adalah sumber keunikan Anda

Kosakata (atau bahasa Inggrisnya vocabulary) secara umum adalah himpunan kata-kata yang merupakan bagian dari bahasa tertentu. Setiap orang mempunyai kosakata yang berbeda-beda.

Contohnya, seorang yang berprofesi pegawai bank akan memiliki kosakata yang berbeda dengan seorang yang berprofesi pengusaha restoran.

Begitu pula dengan setiap pembuat lagu – Anda pasti memiliki kosakata khas Anda sendiri. Kosakata ini merupakan hasil dari:

  1. Pengalaman hidup Anda
  2. Digabung dengan pendidikan Anda
  3. Dan bahasa sehari-hari yang digunakan keluarga dan teman-teman Anda

Hal inilah yang menjadi sumber keunikan Anda sebagai pembuat lagu. Karena pengalaman hidup Anda adalah hal yang unik, maka cara Anda membuat lagu seharusnya unik juga. Cara Anda memilih kosakata dalam lagu seharusnya unik juga. Usahakan agar kosakata atau lirik dalam lagu yang Anda pilih sesuai dengan karakter atau identitas Anda yang asli.

Itulah kerangka awal Anda untuk memilih kosakata atau lirik lagu yang bagus.

Sebetulnya, saya tidak berhak menilai mana lirik yang bagus dan mana yang bukan, karena setiap lirik punya andilnya masing-masing. Ada kalanya dimana lirik yang indah dan puitis dibutuhkan, ada juga kalanya dimana lirik yang biasa-biasa saja yang lebih pas untuk lagu Anda.

Kenapa Anda memerlukan hal ini? Kembali lagi ke pertanyaan Mas Alam di atas, hal ini penting karena tujuan lagu Anda adalah untuk membuat pendengar enak mendengar lagu Anda.

Dengan memegang kedua prinsip ini (yaitu kosakata berdasarkan identitas Anda dan lirik yang sesuai konteks), barulah Anda bisa membuat lirik lagu yang bagus – yang enak didengar pendengar Anda.

Berikutnya saya akan membagikan tips-tips untuk sistematika membuat lirik lagu menggunakan sebuah formula yang berhasil untuk saya.

Keunggulan berpikir secara struktur untuk membuat lirik lagu

Langkah pertama yang Anda lakukan sebelum memilih kosakata adalah memilih tema lagu.

Sebaiknya Anda memilih tema lagu yang spesifik, dan menghindari tema lagu yang umum. Hal ini karena tema atau ide yang semakin spesifik justru lebih mudah untuk dikembangkan menjadi lirik.

Contohnya, tema “cinta” adalah tema yang terlalu umum”. Bahkan tema “laki-laki yang menutup hatinya karena terluka cinta” juga terlalu umum (saya pilih contoh ini karena tema ini adalah tema “sejuta umat”). Anda harus mendapat tema yang spesifik yang membuat semangat Anda meningkat ketika berpikir tentang tema tersebut.

Contohnya: tema lagu “laki-laki yang menutup hatinya dan menutup juga rasa percayanya kepada wanita, terutama wanita cantik seperti model atau selebriti televisi yang sering dikagumi lelaki.”

Saya tidak memaksa Anda harus menggunakan tema spesifik. Namun bisa Anda lihat sendiri dari contoh tema diatas, lebih mudah mengembangkannya menjadi sebuah cerita, bukan?

Setelah Anda memilih temanya, langkah kedua adalah memilih kosakata berdasarkan tema.

Saat memilih kosakata berdasarkan tema Anda harus mulai dengan berpikir secara struktur. Yang dimaksud “struktur” disini adalah:

  1. Apa kata utama yang mewakili tema?
  2. Apa kata-kata yang mendukung kata tema tersebut?

Fondasi dari struktur Anda adalah kata tema. Kata tema ini yang akan menjadi pusat dan “induk” dari kata-kata pendukung. Kata-kata pendukung inilah yang akan “mengisi” baris-baris dalam lagu Anda menjadi lirik lagu.

Contoh cara memilih kosakata untuk membuat lirik lagu

Kembali ke contoh tema spesifik di atas, Anda bisa mengembangkannya menjadi kata tema dan kata pendukung seperti gambar berikut:

Membuat lirik lagu dengan mind map

Gambar ini adalah sebuah mind map, atau peta pikiran. Teknik mind map ini adalah salah satu jurus yang selalu saya gunakan saat membuat lirik lagu.

*Anda bisa pelajari selengkapnya tentang cara menggunakan mind map untuk membuat lagu dalam kursus saya Cara Membuat Lagu Menggunakan Sistem Mindmap 4 Kata.

Mind map ini adalah visualisasi cara berpikir secara struktur. Seperti Anda lihat: tema atau kata utama adalah Khianat. Kata pendukungnya adalah Pupus, Panas, Punah, dan Pecah

  1. Kata Panas saya dapat karena saya membayangkan sang lelaki yang “panas” hatinya karena sering melihat sang wanita model cantik sering digoda lelaki lain.
  2. Kata Pupus saya dapat saat membayangkan “balon harapan” sang lelaki yang kempes karena ternyata impiannya untuk bisa menikahi wanita model yang cantik tidak sampai.
  3. Kata Pecah juga saya dapat ketika menggambar suasana pertengkaran mereka yang sampai melibatkan barang pecah belah yang dilempar ke dinding.
  4. Kata Punah saya pilih untuk melambangkan rasa cinta yang tadinya “eksotis” lalu kemudian mati dan tidak akan ada lagi, sama seperti satwa langka yang punah tidak akan ada lagi.

Bisa Anda lihat bagaimana berpikir secara struktur dengan menggunakan mind map menghasilkan kata-kata pendukung yang lebih unik?

Bahkan dari penjelasan setiap kata di atas, Anda bisa mengembangkannya lebih lanjut:

  1. “Balon harapan” bisa Anda tulis menjadi “Kamu meniup nafas harapan ke dalam hatiku”.
  2. “Satwa langka” bisa Anda ubah menjadi “Amarahku membuas seperti binatang tak terkendali”.

Dan seterusnya, sehingga kata-kata pendukung Anda bisa diubah menjadi kata utama yang selanjutnya memiliki kata-kata pendukung mereka masing-masing:

Membuat lirik lagu dengan mind map

Sebaiknya Anda membuat peta pikiran ini di atas kertas. Kemudian Anda bisa mengembangkan setiap kata pendukung menjadi satu kalimat lirik yang utuh seperti contoh di atas.

Manfaat Anda menggunakan formula berpikir secara struktur dengan mind map ini adalah Anda bisa membuat lirik yang berbeda, unik, dan puitis. Gunakan formula ini saat membuat lirik lagu Anda berikutnya.

Tetap Smart Hits!

Istilah mesin pencari:

  • Cara buat lirik lagu
  • cara bikin lirik lagu
  • cara membuat syair lagu
  • buat lirik lagu
  • cara menciptakan lirik lagu
  • bikin lirik lagu
  • teknik pembuatan syair lagu
  • Membuat syair lagu
  • cara buat lirik
  • menulis lirik lagu

Comments

  1. Ando says

    Mas Endy, saya mau nanya, apa benar untuk menciptakan lagu agar lagu itu go international bahkan jadi hits dunia, harus lagu yang berbahasa inggris?

    • says

      Macarena: http://www.youtube.com/watch?v=bmKhEGiNshA

      Lagu karya Los del Rio ini menjadi hits internasional pada tahun 1995-1996. Bahasanya Spanyol.

      Meski begitu, bahasa internasional saat ini adalah bahasa Inggris, jadi kalau mau tulis lagu yang go internasional ya kans paling besar adalah kalau lagunya bahasa Inggris.

      Semoga membantu.

  2. mahfudsidik says

    mas saya mau nanya kalau kita punya sebuah lirik atau sebuah lagu yang kita ciptakan sendiri tapi kita tidak mempunyai suara yang bagus tapi kita ingin lagu itu populer gimana caranya ya mas,,,,,,wslm.

    • says

      Halo Mas Mahfud,

      Caranya ya dengan menyewa vokalis yang suaranya bagus untuk direkam sebagai demo, lalu menawarkannya ke artis yang sedang popular atau sedang naik daun.

  3. Harry Rahmat says

    mas..mau tanya nih
    saya belum ada pengalaman sama sekali membuat lirik lagu yg indah..aku ingin membuat lirik lagu buat seorang perempuan…bagaimana saya bisa membuat lirik lagu yg bangus ya mas..tolong kasih tahu caranya mas..
    makasih sebelumnya :)

    • says

      Halo Mas Harry,

      Langkah pertama adalah memulai Mas. Tidak pernah ada seseorang yang langsung jago, semua orang pasti mulai dengan membuat lirik yang jelek, membosankan, dan gombal. Seiring dengan proses pembelajaran, baru Mas Harry akan melihat dimana letak kekurangan-kekurangannya dan bagaimana cara untuk memperbaikinya. Dengan cara ini Mas akan pelan-pelan bisa menulis lirik yang bagus bahkan luar biasa.

      Sama seperti seorang siswa SD yang baru hari pertama dia sudah tanya, “Bagaimana caranya saya bisa membuat perhitungan kalkulus integral pangkat tiga?”. Ya belajar dulu, Nak.

      Sebagai langkah pertama, saya sudah membuat Kitab Jurus cara menulis lirik: http://mahirmenulislagu.com/cara-membuat-lirik-lagu/

  4. Herlambang says

    mas, mau tanya…
    kalau saat membuat lirik apakah harus diperhatikan sajak dan banyak suku katanya, seperti membuat puisi?
    Terima kasih..

    • says

      Halo Mas Herlambang,

      Ya, tentunya harus diperhatikan jumlah suku katanya. Baik rima maupun suku kata harus mendukung ide utama atau cerita yang mau disampaikan dalam lagu.

      Kalau puisi menurut saya bentuknya lebih bebas, karena tidak akan dikawinkan dengan melodi. Karena disini yang dibahas adalah lagu pop, maka untuk lirik harus memperhatikan keringkasan dan kesesuaian dengan melodi.

  5. megat says

    saya menulis lyric bolehkah Encik Endy, nilai dan komen

Trackbacks

Leave a Reply