Tips dan Teknik Menulis Lagu Hits

It’s all about the moment.
– Tom Jackson

Manusia ingin merasakan. Penonton atau pendengar ingin merasakan. Kita sebagai pribadi melakukan banyak hal karena kita ingin merasakan.

Merasakan sebuah momen.

Musik dan lagu adalah sebuah sumber momen yang paling disukai. Maka penting bagi penulis lagu bisa membuat pendengar merasakan momen yang mereka cari, dengan cara yang paling sederhana dan sesuai dengan bahasa mereka.

Seringkali, inspirasi datang hanya membawa sebagian lagu – sebuah fragmen melodi, satu rangkaian kata yang catchy. Selanjutnya menjadi tugas penulis lagu untuk membawa benih ide itu, dan mengembangkannya menjadi sesuatu yang utuh.

Disinilah letak skill seorang penulis lagu berperan penting. Bagaimana ia bisa melengkapi satu kalimat yang catchy itu menjadi sebuah Chorus yang asyik dinyanyikan, dan fragmen melodi menjadi hook yang membuat orang bergumam sepanjang hari.

Mahir Menulis Lagu dan program tutorialnya bermisi membantu Anda mengembangkan skill itu. Dengan bergabung, Anda mendapat tutorial tentang:

    • Menulis lirik dengan teknik yang digunakan penulis lagu hits.
    • Bedah lagu-lagu populer dalam dan luar negeri, untuk dijadikan cetak biru lagu-lagu Anda.
    • Disampaikan dalam bahasa yang mudah dimengerti, secara periodik, langsung dikirim ke inbox email Anda.
Bergabung Sekarang

Tentang pendiri Mahir Menulis Lagu

Mahir Menulis Lagu didirikan oleh saya, Endy Daniyanto, sebagai respon terhadap minimnya sumber belajar yang berkualitas tentang menulis lagu dalam bahasa Indonesia.

Endy Daniyanto

Saya bersama istri.

Visi dan misi:

Saya meyakini bahwa membuat lagu adalah cara yang paling efisien yang bisa dilakukan seorang musisi untuk mencapai ekspresi yang memuaskan akan daya kreasinya.

Ekspresi penuh akan daya kreasi ini dicapai dengan menggunakan teknik membuat lagu yang paling efisien, presisi dan akurat, dan menggabungkannya dengan gaya asli serta pengalaman hidup pribadi sang pembuat lagu dengan kemampuan bercerita untuk bisa berbicara dengan kebutuhan emosional dasar manusia para pendengarnya.

Saya mewujudkan keyakinan ini dengan mendekonstruksi lagu hits pada khususnya, dan bentuk seni yang universal pada umumnya, untuk mendapatkan tema umum dan menyampaikannya kepada para pembuat lagu melalui tutorial selangkah demi selangkah yang mudah untuk diterapkan sehingga secara langsung meningkatkan kemampuan mereka, yang bisa mereka gunakan untuk mencapai kepuasan pribadi atau keabsahan komersial karya mereka.

Biografi:

Saya menyelesaikan pendidikan sarjana sebagai Sarjana Teknik dari Institut Teknologi Bandung, kemudian mengambil kursus Advanced Music Production di Sekolah Musik Digital Agus Hardiman (MusikTek), dimana setelah lulus kursus, saya menjadi pengajar di sekolah tersebut, sekaligus aktif sebagai moderator di subforum Songwriting di komunitas musik digital terbesar di Indonesia.

Saya juga sempat berprofesi sebagai Audio Engineer (2010-2012) di studio pembuat jingle DonnyPro dan Sound Village, dan sudah terlibat dalam pembuatan lebih dari 100 jingle perusahaan besar seperti Danone, Telkomsel, Garuda Food, Bank Mandiri, dan Sido Muncul.

Saya juga tetap aktif sebagai penulis lagu independen, dan telah merilis album kompilasi perdana, “VIVA! Hermesian” yang mendapat ulasan “musik yang adem, lega” dari Provoke! Magazine, dan telah tampil di acara televisi Musikamu TVRI, Dem-O O Channel, dan diwawancara radio RRI Pro 2 FM dan DJWirya.com. Lagu saya “Satu-Kosong” memenangkan penghargaan Merit Award untuk kategori Digital Audio di ajang penghargaan INAICTA 2011 silam.

Untuk mendengar karya saya, silakan berkunjung ke: http://music.endydaniyanto.net

Bergabung bersama saya dalam komunitas Mahir Menulis Lagu, komunitas pencipta lagu #1 di Indonesia!

Bergabung Sekarang

Kembali ke blog